Tumbuh 22%, Indofood Sukses Makmur (INDF) Cetak Penjualan Rp 99,35 Triliun di 2021

Oleh : Hariyanto | Jumat, 01 April 2022 - 11:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) mengumumkan kinerja keuangan tahunan untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021.

Perseroan mencatatkan pertumbuhan penjualan neto konsolidasi sebesar 22% menjadi Rp99,35 triliun dari Rp81,73 triliun pada tahun lalu.

Laba usaha meningkat 31% menjadi Rp16,88 triliun dari Rp12,89 triliun, dan marjin laba usaha meningkat menjadi 17,0% dari 15,8%.

Laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk meningkat sebesar 18% menjadi Rp7,64 triliun dari Rp6,46 triliun, dengan marjin laba bersih mencapai 7,7% dibandingkan 7,9% di tahun 2020. Core profit meningkat 35% menjadi Rp8,05 triliun dari Rp5,96 triliun.

"Di tengah-tengah tantangan global yang berkelanjutan, Indofood telah dapat mencatatkan pertumbuhan yang positif," kata Anthoni Salim, Direktur Utama dan Chief Executive Officer Indofood yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (1/4/2022).

"Fokus kami untuk ke depannya adalah mempertahankan kinerja Indofood di pasar dalam negeri maupun di luar negeri dengan menjaga keseimbangan antara pangsa pasar dan profitabilitas, serta meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional, termasuk menjaga kesehatan para karyawan kami," imbuh Anthony.

Sebagai informasi, dalam dua dekade terakhir, Indofood telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan Total Food Solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di pasar.

Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, Indofood memperoleh manfaat dari skala ekonomis serta ketangguhan model bisnisnya yang terdiri dari empat Kelompok Usaha Strategis (Grup) diantaranya Produk Konsumen Bermerek (CBP), Bogasari, Agribisnis, dan Distribusi.

Dengan didukung oleh kekuatan merek-merek produknya, Grup CBP memproduksi beragam produk konsumen bermerek antara lain mi instan, produk dairy, makanan ringan, penyedap makanan, nutrisi dan makanan khusus, dan minuman.

Kemudian Bogasari, Grup ini memiliki kegiatan usaha utama memproduksi tepung terigu dan pasta, didukung oleh unit usaha perkapalan dan kemasan.

Kegiatan usaha utama Grup Agribisnis meliputi penelitian dan pengembangan, pemuliaan benih bibit, pembudidayaan dan pengolahan kelapa sawit hingga produksi dan pemasaran produk minyak goreng, margarin dan shortening. Di samping itu, kegiatan usaha Grup ini juga mencakup pembudidayaan dan pengolahan tebu dan karet serta tanaman lainnya.

Dengan jaringan distribusi yang paling luas di Indonesia, Grup ini mendistribusikan sebagian besar produk konsumen Indofood dan anak-anak perusahaannya, serta berbagai produk pihak ketiga.