3 Cara yang Tepat untuk Mengurangi Pemborosan Makanan

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 02 Februari 2022 - 15:15 WIB

INDUSTRY.co.id - Perilaku membuang sisa makanan sering terjadi di masyarakat. Sehingga, pemborosan makanan dan limbah makanan sering terjadi yang berdampak buruk bagi lingkungan.

Oleh karena itu, penting untuk mengambil langkah yang tepat untuk mencegah pemborosan makanan  dengan segala cara. 

Dilansir dari laman Times of India, ahli gizi Lovneet Batra memberikan tips cara mencegah pemborosan makanan. 

"Limbah makanan adalah masalah yang lebih besar daripada yang disadari banyak orang. Membeli lebih banyak makanan daripada yang kita butuhkan di pasar, membiarkan buah-buahan dan sayuran busuk di rumah atau mengambil porsi yang lebih banyak daripada yang bisa kita makan. Kebiasaan ini memberi tekanan ekstra pada sumber daya alam kita dan merusak lingkungan kita," katanya.

"Ketika kita membuang-buang makanan, kita menyia-nyiakan tenaga kerja, usaha, investasi, dan sumber daya yang berharga. Singkatnya, membuang-buang makanan meningkatkan emisi gas rumah kaca dan berkontribusi terhadap perubahan iklim," jelas Batra.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mencegah pemborosan makanan? 

Berikut adalah tiga cara mudah untuk mencegah pemborosan makanan.

Mengurangi: Tingkatkan penyimpanan makanan dan kurangi pemborosan di rumah. Beli apa yang kamu gunakan, dan gunakan secukupnya.

Reuse: Jika kamu tidak makan semua, lebih baik disimpan di dalam kulkas.

Daur ulang: Daur ulang sebanyak mungkin. Cobalah pengomposan, dan masukkan ke dalam tanah. kamu juga dapat memulai menanam tanaman hijau, buah-buahan, sayuran, atau herbal.

"Dengan ini, kita bersama-sama, kita dapat menciptakan dunia yang lebih baik dan lebih berkelanjutan,"  tukasnya.