Lima Juta Wisman Diharapkan Sukseskan Wisata Halal

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 08 Desember 2018 - 14:00 WIB

Menpar Arief Yahya (Foto: Kemenpar)
Menpar Arief Yahya (Foto: Kemenpar)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Pariwisata menargetkan mampu menjaring lima juta wisatawan mancanegara dari segmen wisata halal pada 2019 atau sekitar 25 persen dari keseluruhan target 20 juta wisman pada 2019.

"Tahun depan ami mentargetkan 5 juta wisatawan halal tourism dunia atau tumbuh 42 persen dari tahun ini sekitar 3,5 juta. Target kunjungan wisman halal tourism itu mencapai 25 persen dari target 20 juta kunjungan wisman," kata Menpar Arief Yahya dalam peluncuran Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jumat (7/12/2018)

Pada kesempatan itu, ia mencanangkan dua target wisata halal pada 2019 yakni mencapai pertumbuhan tinggi (sustainable growth) dan berada di ranking pertama sebagai destinasi pariwisata paling ramah terhadap wisatawan muslim dunia versi Global Muslim Travel Index (GMTI). Menpar Arief Yahya menjelaskan, pertumbuhan tinggi pariwisata halal Indonesia sangat diperlukan untuk menyakinkan pelaku bisnis terhadap bisnis halal tourism di Tanah Air yang memiliki 3S menarik; size marketnya lebar, sustainable growth-nya tinggi, dan spread labanya besar. "Selama ini kita selalu kalah dengan pesaing dari negara tetangga kita baik dari size dan growth-nya," kata Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya mengatakan, Indonesia menargetkan menjadi destinasi wisata halal terbaik dunia 2019.

"Kita tahun depan ingin menjadi ranking pertama sebagai destinasi pariwisata paling ramah terhadap wisatawan muslim dunia versi GMTI. Saat ini kita di peringkat ke-2 bersama-sama dengan Uni Emirat Arab, sedangkan sebagai peringkat pertama adalah Malaysia," kata Arief Yahya Arief.

Ia mengatakan, dengan naiknya Indonesia berada di peringkat pertama akan memudahkan kita dalam merebut pasar wisata halal global yang diproyeksikan jumlah pengeluarannya mencapai 220 miliar dolar AS pada 2020.

Crescent Rating & Halal Trip Fazal Bahardeen mengatakan, Indonesia mempunyai peluang besar untuk mewujudkan itu.

"Melihat keindahan alam dan kekayaan budayanya, pariwisata menawarkan peluang pertumbuhan yang besar bagi Indonesia. Dengan posisinya sebagai negara muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki infrastruktur inti dan juga lingkungan yang dapat memenuhi kebutuhan wisatawan muslim," katanya.

Direktur Mastercard Indonesia Tommy Singgih mengatakan, Indonesia secara konsisten berusaha meningkatkan posisinya di GMTI.

"Bila pada 2015 berada di peringkat 6 dunia, tahun 2017 meningkat di peringkat 3, dan 2018 berada di peringkat ke-2 bersama-sama dengan Uni Emirat Arab, katanya. Konsistensitas ini terus berlanjut dalam upaya menuju peringkat pertama. Untuk ini Kemenpar bekerja sama Crescentrating Mastercard meluncurkan program IMTI untuk menentukan peringkat destinasi wisata halal di Indonesia yang paling ramah terhadap wisatawan muslim dengan kriteria yang ditetapkan sebagaimana yang digunakan oleh Mastercard-Crescent Rating Global Muslim Travel Index (GMTI) yang menggunakan kreteria ACES (Access, Communications, Environment and Services).

Ada 10 provinsi yang termasuk dalam indeks (IMTI) tahun ini yakni Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Lombok (Nusa Tenggara Barat).

Dari 10 destinasi tersebut IMTI menetapkan Lombok berada diperingkat pertama kemudian diikuti Aceh, dan Jakarta. Selanjutnya Sumbar, Yogya, Jabar, Jatim, Jabar, dan Sulsel. Menurut laporan GMTI 2018 pengeluaran wisatawan muslim global diproyeksikan mencapai 220 miliar dolar AS pada 2020 dan diperkirakan akan tumbuh lebih dari 80 miliar dolar AS sehingga mencapai 300 miliar dolar AS pada 2026. Pada 2017 ada 131 juta kedatangan pengunjung Muslim secara global atau naik dari 121 juta pada tahun 2016, sedangkan tahun 2020 diproyeksikan tumbuh menjadi 156 juta atau mencapai 10 persen dari segmen perjalanan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Stan peserta yang berada dalam Paviliun Indonesia pada pameran International Construction Week (ICW) & BuildXpo Malaysia 2024

Selasa, 05 November 2024 - 22:45 WIB

Perluas Pasar Ekspor, Kemenperin Boyong Lima Industri Logam Pamer Ketangguhan di Malaysia

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) aktif memperkenalkan kemampuan industri dalam negeri melalui berbagai ajang tingkat internasional. Dalam hal ini, Kemenperin memfasilitasi lima industri…

Fasilitas PLTS rooftop KCE

Selasa, 05 November 2024 - 22:35 WIB

KCE Komitmen Dorong Penyediaan EBT yang Andal Wujudkan Energi Bersih di Indonesia

PT Krakatau Chandra Energi (KCE) secara resmi meluncurkan kampanye 'Energizing Growth with Renewable Energy'. Kampanye ini sebagai upaya untuk mendorong kolaborasi strategis dalam energi baru…

Peluncuran Affinity Card Kami x CIMB Niaga Syariah.

Selasa, 05 November 2024 - 22:03 WIB

Kami dan CIMB Niaga Syariah Luncurkan Affinity Card

Kolaborasi Kami dengan CIMB Niaga Syariah melalui Affinity Card memperkuat posisi Kami sebagai jenama fesyen yang terus berinovasi demi mendukung gaya hidup modern bagi perempuan.

Bank Mandiri latih Pekerja Migran Indonesia di Jepang

Selasa, 05 November 2024 - 22:02 WIB

Dorong Kemandirian Finansial PMI, Bank Mandiri Perluas Program Mandiri Sahabatku ke Jepang

Bank Mandiri memperkuat komitmennya dalam mendorong ekonomi kerakyatan dengan mengoptimalkan pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Guna memperluas penerima manfaat program Mandiri Sahabatku,…

SMBC Indonesia berkolaborasi dengan Yayasan Guru Belajar (YGB) melalui program “Guru Kreatif Cerdas Finansial” untuk memberikan pelatihan digital ke lebih dari 9.000 guru.

Selasa, 05 November 2024 - 21:26 WIB

SMBC Indonesia Cetak Kinerja Positif Januari-September 2024

Dalam laporan keuangan konsolidasinya, SMBC Indonesia mencatat kenaikan pendapatan operasional sebesar 24% year-on-year (yoy) menjadi Rp12,97 triliun pada periode Januari-September 2024.