Bank Danamon Raih Laba Rp3,7 Triliun 2017

Oleh : Herry Barus | Selasa, 13 Februari 2018 - 08:25 WIB

Bank Danamon Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)
Bank Danamon Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Bank Danamon Indonesia Tbk meraup laba bersih Rp3,7 triliun sepanjang 2017 atau tumbuh 38 persen (tahun ke tahun/yoy) dibanding 2016, yang didorong oleh membaiknya rasio kredit bermasalah dan masih menggeliatnya marjin bunga bersih.

Meski demikian, intermediasi Danamon belum tumbuh signifikan, tercermin dari pertumbuhan kredit Danamon secara total, termasuk kredit mikro Danamon Simpan Pinjam (DSP) yang hanya sebesar dua persen (yoy).

"Kami selama beberapa tahun terakhir masih fokus bersih-bersih di kredit Danamon Simpan Pinjam (DSP). Jika tidak memasukkan DSP, kredit kami tumbuh lima persen," kata Direktur Bisnis Mikro sekaligus Direktur Keuangan Danamon Satinder Ahluwalia dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (12/2/2018)

Di luar kredit Mikro, total portofolio kredit dan pembiayaan perdagangan (trade finance) sebesar Rp122,9 triliun. Rincian portofolio kredit itu adalah Usaha Kecil dan Menengah yang naik 10 persen menjadi Rp28,5 triliun, kredit enterprise yang naik empat persen menjadi Rp37,6 triliun, sementara kredit perumahan (mortgage) naik 36 persen menjadi RP6 triliun.

Rasio Kredit Bermasalah (Non Perfroming Loan/NPL) Danamon turun dari 3,1 ke 2,8 persen (gross) pada 2017. Biaya kredit juga turun 20 persen. Sejalan dengan itu, Danamon menikmati marjin bunga bersih (Net Interest Margin/NIM) yang cukup tinggi menjadi 9,3 persen dari 8,9 persen di 2016.

Sedangkan Dana Pihak Ketiga (Danamon) mencerminkan penurunan dana mahal yang terlihat dari penurunan pertumbuhan deposito yang sebesar lima persen menjadi Rp54,1 triliun. Adapun dana murah (CASA) naik empat persen menjadi Rp50,5 triliun.

Dengan DPK dan kredit itu, aset Danamon naik dua persen (yoy) menjadi Rp178,2 triliun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Brawijaya Healthcare Rayakan ulang tahun ke-18 dengan serangkaian acara.

Minggu, 22 September 2024 - 22:19 WIB

Brawijaya Healthcare Rayakan Ulang Tahun Ke-18 dengan Fun Run 5K dan Serangkaian Acara Sosial

Bakti Sosial, Seminar Kesehatan, Lomba Edukasi Kesehatan, hingga konser dan hiburan dari artis ternama mewarnai perayaan 18 tahun Brawijaya Healthcare melayani setulus hati.

Senior Sales Manager PT Napindo Media Ashatama Samuel Octaviano Wajong dalam sambutannya pada acara Executive Gathering Indo Water, Indo Waste & Recycling, Indo Renergy & Electric, Indo Security, Indo Firex, dan Indonesia International Smart City Expo (IISMEX) 2024 Expo & Forum Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran

Minggu, 22 September 2024 - 21:54 WIB

Pameran dan Forum Internasional Ini Sukses Dilaksanakan

Pameran dan forum internasional Indo Water, Indo Waste & Recycling, Indo Renergy & Electric, Indo Security, Indo Firex, dan Indonesia International Smart City Expo (IISMEX) 2024 Expo & Forum…

Menko Airlangga

Minggu, 22 September 2024 - 21:33 WIB

HUT ke-75 RRT, Menko Airlangga: Hubungan RI dan Tiongkok Saling Menguntungkan

Perekonomian Indonesia yang hingga saat ini tangguh menghadapi berbagai tantangan global tak lepas dari upaya Pemerintah menjaga hubungan baik dengan negara-negara lain, salah satunya dengan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Minggu, 22 September 2024 - 21:22 WIB

Mengenal Hiroshima University, Kampus yang Berikan Gelar Doktorat Kehormatan kepada Menperin Agus

Hiroshima University merupakan salah satu national research university terkemuka di Jepang. Menyatukan berbagai institusi pendidikan tinggi di Hiroshima pada 1949, Hiroshima University berdiri…

Sr Irene OP dengan sepatu Bitter Classics Utrecht yang dikenakannya mengantarkan Emilio bocah usia 9 tahun untuk bertemu Paus Fransiskus, Jumat (06/09/2024)

Minggu, 22 September 2024 - 21:05 WIB

Sepatu Bertuah: Sr Irene Op Bertemu Paus

Jakarta-Tidak ada yang kebetulan di dunia ini. Semua peristiwa terjadi karena kehendak Tuhan. Dan oleh karenanya, semua sudah terhubung. Hanya waktulah yang tidak bisa dipastikan, kapan akan…