Ketua DPR Mendatang Harus Perbaiki Citra Parlemen

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 30 Desember 2017 - 04:45 WIB

Agus Gumiwang Kartasasmita Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPR R
Agus Gumiwang Kartasasmita Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPR R

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pengamat politik Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saiful Mujani menilai figur pengganti Setya Novanto harus mampu memperbaiki citra dan mengembalikan kepercayaan publik terhadap parlemen.

Menurut dia, dalam keterangannya di Jakarta, kemarin, Agus Gumiwang Kartasasmita merupakan figur yang cocok dipilih Golkar untuk menduduki posisi Ketua DPR sebagai pengganti Setya Novanto, karena beberapa alasan mendasar dan prinsipil.

"Pertama, dia kompeten dibanding kader Golkar pada umumnya. Kedua, saya tidak pernah mendengar ada kasus hukum yang menyebut namanya," kata Saiful.

Dia mengatakan sikap politik Agus cukup menekankan prinsip kepatutan dan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik.

Menurut dia, ketegasan dan konsistensi Agus juga sudah terbukti misalnya dalam Pilpres 2014, Golkar mendukung Prabowo, namun Agus menentang dan memberikan dukungan untuk Jokowi.

"Agus ini berani dan konsisten. Dia bahkan pernah dipecat sebagai anggota dan kader Golkar ketika dia tidak mendukung keputusan Golkar yang mencalonkan Prabowo pada Pilpres 2014 lalu," ujarnya.

Selain itu, dia menilai Agus berani dan memiliki komitmen yang kuat dalam upaya pemberantasan korupsi seperti yang ditunjukkan dalam sikap tegasnya sebagai Sekretaris Fraksi Golkar yang menolak menandatangani masuk dalam pansus KPK.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan pameran Global Sources Indonesia di JCC Jakarta tanggal 19 September 2024.

Kamis, 19 September 2024 - 23:43 WIB

Pameran Global Sources Indonesia Disambut Antusias Pelaku Bisnis Lokal

Global Sources Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 70% dibandingkan tahun lalu, dengan penambahan kategori produk lifestyle yang mencakup Gifts & Premiums, Home & Kitchen, serta…

Anindya Bakrie, Ketum Kadin hasil munaslub bertemu Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

Kamis, 19 September 2024 - 22:47 WIB

Anindya Bakrie Undang Mendag ke Acara Sarasehan Kadin Indonesia

Ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Anindya Bakrie melakukan kunjungan silaturahmi bertemu dengan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta,…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Ketua Umum Baru Kadin Indonesia, Anindya Bakrie

Kamis, 19 September 2024 - 21:13 WIB

Menperin Agus Ajak Ketua Umum Baru Kadin Perkuat Kerja Sama Sektor Industri

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menerima kunjungan Ketua Umum baru Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Anindya Novian Bakrie.

Aulia Rizki Wicaksono selaku CEO TAXSAM.CO

Kamis, 19 September 2024 - 21:11 WIB

Mengenal AXSAM.CO: Solusi Pajak dan Bisnis Bagi Perusahaan

Jakarta - Esensi pajak seringkali menjadi keraguan di masyarakat, melihat bahwa isu mengenai pajak masih didominasi dengan stigma negatif berbagai kalangan. Hal ini dipicu karena kurangnya pengetahuan…

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara BPKN, IMREI dan LSP AREA

Kamis, 19 September 2024 - 20:10 WIB

BPKN - IMREI dan LSP AREA Jalin Kerja Sama Tingkatkan Kepuasan Konsumen Properti

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) bersama Ikatan Manajer Real Estat Indonesia (IMREI) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Area Indonesia (LSP AREA Indonesia) menjalin kerja sama dalam…